Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
KITAB SUCI +Deuterokanonika
: - Pilih kitab kitab, masukan bab, dan nomor ayat yang dituju
Katekismus Gereja Katolik
No. : masukkan no. katekismus yang dikehedaki, misalnya 3, 67, 834 atau 883-901
Materi iman
Dokumen Gereja

No: masukkan no. yang dikehedaki - 0 (nol) untuk melihat daftar isi-(catatan kaki lihat versi Cetak) 

Devosi kepada Yesus Kristus

 

•  RosarioYesus

Rosariao Yesus sesungguhnya sudah dikenal beberapa Abad yang lalu, dan menjadi populer kembali ketika pada tahun 1982 Bunda Maria minta kepada Jelena, salah seorang dari keenam visiner dari Medjugorje, supaya kelompok-kelompok doa menggunakan Rosario Yesus sebagai salah satu cara doa dalam pertemuan-pertemuan mereka. Inti Rosario Yesus terdiri dari 33 doa Bapa Kami untuk memperingati 33 tahun kehidupan yesus di dunia, serta 7 peristiwa yang mencakup misteri-misteri utama hidup, karya, wafat, kebangkitan, kenaikan Yesus, dan turunnya Roh Kudus. Rosario yesus dibuka dengan syahadat para Rasul, lalu didaraskan 33 doa Bapa Kami dan ditutup dengan 7 doa Kemuaiaan.

•  Rosario Kerahiman (Karonka)

Gambar Yesus Maharahim dengan tulisan "yesus Engkau Andalanku" diperlihatkan kepada Sr. Fausina oleh Yesus sendiri dalam penampakannya tanggal 22 Februari 1931. Dua Sinar pada gambar tersebut melanbangkan darah dan air. Sinar yang pucat melambangkan air yang mengkuduskan jiwa-jiwa dan sinar merah melambangkan darah yang memberi hidup bagi jiwa-jiwa. Dua Sinar itu keluar dari kerahiman Yesus ketifak hati-Nya dibuka dengan tombak pada waktu disalib. Sinar-sinar itu melindungi jiwa-jiwa dari Murka Allah Bapa.

Pada Penampakan tahun 1935, Tuhan yesus sendiri mengajar Sr. Faustina bagaimana harus berdoa "Rosario Kerahiman". Dalam bahasa polandia, Tuhan yesus memakai kata "karonka" yang artinya "mahkota kecil", juga berarti untuaian mank-manik indah yang biasanya dihadiahkan kepada orang yang kita kasihi.

Doa ini bertujuan untuk memadamkan murka-Ku dan digunakan dengan memakai rosario biasa. Pada kesempatan lain Yesus Berkata kepada Sr. Faustina, "hendaklah tak henti-hentinya engkau berdoa rosario kerahiman yang telah kuajarkan kepadamu. Siapa yang mendoakannya akan mendapat kerahiman yang besar pada jam kematiannya" . Yesus juga meminta supaya Sr. Faustina (dan kita semua) menghormati jam kematian-Nya secara khusus, sehingga Rosario kerahiman hendaknya di daraskan pada jam kerahiman, yaitu pukul 3 sore. Perlu diperhatikan bahwa ada tiga syarat supaya doa tersebut dikabulkan (Lihat P. Ceslaus, SVD, 1999 :36)

•  Doa itu harus ditujukan kepada Yesus

•  Doa itu harus didaraskan pada jam tiga sore

•  Doa itu harus didaraskan dengan perantaraan hakikat jasa kesengsaraan Yesus.

•  Novena Kerahiman Ilahi

Tuhan yesus meminta Sr. Faustina untuk melakukan novena sebelum merayakan Pesta kerahiman. "Aku mau agar selama sembilan hari engkau membawa jiwa-jiwa ke sumber kerahiman-Ku. Dengan demikian, mereka mendapat kekuatan dan peneguhan, serta semua rahmat yang diperlukan dalam kesulitan selama hidup mereka, khususnya pada jam kematian mereka." Novena Kerahiman ini dimulai pada hari jumat Agung sampai pada Pesta Kerahiman yang jatuh pada hari Minggu Paska Kedua ( Lihat P. Ceslaus, SVD 1999 : 27)

 

•  Novena kepada Hati Kudus Yesus

Hati Kudus Yesus adalah hati umat manusia yang merupakan lambang pusat kepribadian Yesus. Sebab hati merupakan pusat perasaan, kebebasan dan kesadaran Yesus. Dalam hati-Nya, Dia menyerahkan diri kepada misteri Allah dan karya keselamatan-Nya demi manusia.

Novena kepada hati kudus Yesus adalah sarana untuk mengembangkan hubungan pribadi dengan Yesus. Dalam Perjanjian Baru, khususnya dalam tulisan St. Yohanes, terdapat ungkapan hubungan pribadi itu dan nilai Hati Yesus sebagai lambang cinta kasih-Nya.

Dalam abad ke 17 secara khusus dikembangkan devosi kepada Hati Kudus Yesus. Joana Fransiska Fremiot de Chantal dan fransiskus dari sales memalui tulisan rohaninya memberikan banyak sumbangan kepada devosi ini. Yohanes Eudes memperjuangkan Hari raya Hati Kudus Tuhan Yesus (1672). Perkembangan selanjutnya digerakan oleh Santa Margaretha Maria Alacoque, yang boleh bertemua muka dengan hati Kudus Yesus dalam beberapa penampakan khusus. Sejak itu ditekankan supaya umat sering menyambut komuni, khusus pada hari Jumat pertama dalam bula secara resmi dirayakan pesta Hati Kudus Yesus sejak tahun 1856 menjadi hari raya umum untuk seluruh Gereja. (lihat Tom Jabobs, Devosi kepada Hati KudusTuhan Yesus : Pijian atau permohonan No 06, Juni 2002). Novena ini dilakukan selama 9 hari berturut-turut pada jam yang sama).

•  Litani Kerahiman Ilahi

Litani Kerahiman Ilahi lihat Ceslaus, SVD. Rasul Kerahiman Ilahi : Devosi kepada Kerahiman Ilahi, Nusa indah, Ende: 1999.

•  Litani Nama Yesus

Litani Nama Yesus lihat madah Bakti no. 19, 1999

•  Litani Hati Kudus Yesus

Litani Hati Kudus Yesus lihat madah Bakti no. 20, 1999

•  Litani Sengsara Yesus di Bukit Zaitun

Litani Sengsara Yesus di Bukit Zaitun lihat Aloys Widyamartaya dan Bert T. Lembang, 2000: 14-25

•  Litani Sengsara Yesus Kristus dalam Diri Pribadi

Litani Sengsara Yesus Kristus dalam Diri Pribadi lihat Aloys Widyamartaya dan Bert T. Lembang, 2000: 32-36

•  Litani Darah Mulia Yesus Kristus

Litani Darah Mulia Yesus Kristus lihat Aloys Widyamartaya dan Bert T. Lembang, 2000: 37-43

•  Litani Salib Suci Yesus Kristus

Litani Salib Suci Yesus Kristus lihat Aloys Widyamartaya dan Bert T. Lembang, 2000: 44-48

•  Lima belas doa untuk menghormati 5480 Pukulan pada Tubuh Yesus

Lima belas doa ini disampaikan oleh Yesus kepada St. Brigita dari Swedia di Gereha St. Paulus, Roma, karena sudah lama St. Brigita ingin mengetahui, berapa banyak pukulan yang diderita Yesus selama masa sengsara-Nya. Pada suatu hari Yesus menampakan diri dan berkata, "Aku menerima 5480 pukulan pada tubuh-Ku. Bila kamu ingin menghormatinya, berdoalah 15 kali bapa kami dan 15 kali Salam Maria selama satu tahun berturut-turut. Bila tahun itu selesai, kau telah menghormati tiap luka-Ku."

Doa ini kemudiam direstui oleh paus Pius IX dengan harapan agar kita lebih menghayati masa sengsara Yesus. Dan Yesus juga memberikan janji-janji-Nya bila kita berdoa untuk mengenang sengsara-Nya. Berikut beberapa diantara janji-janji Yesus.

Aku akan membebaskan 15 jiwa keturunanmu dri api penyucian. Lima belas Jiwa akan dikuatkan dan dipelihara dalam rahmat. Limabelas pendosa keturunanmu akan ditobatkan. Siapa saja yang mengucapkan doa-doa ini akan mendapatkan kesempurnaan utama. Aku akan melindungimu dari kematian tiba-tiba. Jiwamu akan dibebaskan dari kematian abadi, dsb.

•  Doa Penyerahan diri kepada Yesus Kristus

Doa Penyerahan diri kepada Yesus Kristus lihat Puji Syukur no. 206, 1999

•  Doa Silih kepada Yesus yang Maha Kudus

Doa Silih kepada Yesus yang Maha Kudus lihat Puji Syukur no. 207 1999

 

 

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id/