Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

KITAB 2 Korintus

Pada akhir surat pertarna Rasul ,Paulus kepada 'jemaat di Korintus, ia mengatakan keinginannya untuk kernbali dan mengunjungi mereka segera. Tetapi ia berhalangan dan tak bisa kembali, dan mereka menanggapi ini sangat jelek.

Pewarta-pewarta "Yahudi yang memaksakan adat Yahudi pada calon-calon Kristen", berarti orang-orang Yahudi yang baru percaya akan Kristus dan sangat kurang dalam pemahaman, mereka harus dihadapi oleh Paulus karena mereka merongrong otoritas Paulus. Paulus mengutus seorang wakilnya yang tidak diterima oleh umat Korintus; ada beberapa anggota komunitas yang terus.terang mernberontak terhadap rasul tersebut. Paulus menjawab dengan sebuah surat yang ditulis dengan mencucurkan banyak air mata" (2:4) di mana ia menuntut ketaatan umat Korintus. Salah seorang wakilnya, yaitu Titus, membawa surat itu dan melaksanakan misinya dengan sukses. Setelah Titus kembali, Paulus merasa lega; mengirim surat kedua (sesungguhnya surat ketiga atau keempat) kepada umat di Korintus.

Apa isi surat ini?,pi dalam surat, tercantum apa yangg dirasakan oleh Paulus terhadap umat Korintus dan apa yang dideritanya karena kekurang pengertian mereka. Dibandingkan dengan Surat Pertama, surat .ini tidak begitu penting, namun mempunyai beberapa ajaran bagi kita. Paulus tidak bisa berbioara ten tang dirinya tanpa berbicara tentang Yesus. Orang yang tidak kenal lelahini, yang menginginkan pengertian dan kasih, dirasuki oleh kasih Kristus sehingga ia tidak bisa mengungkapkan suatu kecurigaan atao teguran tanpa memberikan khotbah yang amat dalam tentang iman. Untuk membenarkan dirinya, ia menulis halaman-halamanyang terindah tentang evangelisasi dan apa artinya menjadirasul Kristus.

 

Sumber : Kitab Suci Komunitas Kristiani (Edisi Pastoral Katolik)

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id