Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

KITAB 1 Petrus

Kita hampir tidak rahu sama sekafi tentang hidup rasul Petrus dari Konsili Yerusalem, dalam tahun 49 (lihat Kis 15), sampai waktu ia menulis surat ini sekitar tahun 64, Pasti bahwa ia pergi ke Roma. Karena bertanggung jawab atas seluruh Gereja, ia, seperti Paulus, harus berangkat ke pusat dunia Romawi, meskipun motif-motif mereka berbeda.

Sebuah tradisi yang sangat tua menegaskan bahwa ia dibunuh dalam pengejaran Nero dalam tahun 66 dan bahwa ia dikuburkan di Bukit Vatikan. Penelitian dalam beberapa tahun belakangan ini menemukan sebuah kuburan dan tulang-tulang dengan berbagai macam tulisan (inskripsi), yang hampir dapat dipastikan merupakan kubur dan tulang sang Batu Karang Gereja.

Dengan demikian dalam kurun waktu yang singkat sebelum kematiannya ia menulis surat ini dari Roma. Petrus tidak memiliki kecerdasan'dan bakat sastra seperti Paulus. Sebaliknya dengan kata-kata sederhana, ia berwarta kepada orang-orang Kristiani dari provinsi Asia, di mana pengejaran-perigejaran pertama sudali mulai dilakukan. Berbeda dari Paulus, ia tidak peduli dengan klarifikasi atau definisi iman. .Ia berusaha membangkitkan keberanian kaum beriman yang menderita dengan menghadirkan contoh Kristus kepada mereka dan dengan menjelaskan konsekuensi-konsekuensi pembaptisan.

Dalam surat ini, segala sesuatu dari 1:3 sampai 3:7 diinspirasi oleh upacara pembaptisan di dalam gereja awal: himne-himne dan homili (renungan) tentang ritus dan kehidupan Kristiani. Bagi Petrus itu merupakan.sebuah cara paling jitu untuk mengingatkan pembaca-pembacanya tentang kondisi kehidupan Kristiani mereka.

Akhir surat ini mengajarkan kita bahwa Petrus menulis lewat tangan Silvanus yang adalah murid Paulus. Inilah sebabnya mengapa dalam beberapa perikop, kita dapati topik-topik yang sama seperti yang terdapat dalam surat-surat Paulus.

 

Sumber : Kitab Suci Komunitas Kristiani (Edisi Pastoral Katolik)

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id